Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Posisi Timnas Indonesia di Peringkat FIFA Terbaru Turun Setelah Kegagalan Meraih Kemenangan

Peringkat FIFA untuk tim nasional sepak bola mulai diperbarui setelah setiap pertandingan internasional, termasuk pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang berlangsung akhir-akhir ini. Timnas Indonesia mengalami penurunan kedua pada September ini setelah gagal meraih kemenangan dalam dua pertandingan Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Posisi Timnas Indonesia di Peringkat FIFA Terbaru Turun Setelah Kegagalan Meraih Kemenangan

Dalam kedua pertandingan itu, timnas senior Indonesia kalah dari Irak dengan skor telak 5-1 di Basra International Stadium. Demikian pula saat bertandang ke Stadion Rizal Memorial, tim Garuda hanya berhasil bermain imbang 1-1 dengan Filipina.

Baca juga: FIFA bersama IFAB akan mencoba penggunaan kartu Oranye pada sepakbola

Meskipun Indonesia telah mengalami penurunan satu strip dari peringkat FIFA sebelumnya menjadi 146 di dunia, masih terdapat beberapa hal positif yang dapat dicatat dari posisi Indonesia di dalam kawasan Asia Tenggara.

Dalam kawasan Asia Tenggara, Vietnam masih mempertahankan posisi teratas dengan menempati peringkat ke-94 di dunia. Sedangkan Thailand menempati posisi berikutnya dengan peringkat 113. Sementara itu, Malaysia berhasil naik tujuh peringkat dan kini menempati posisi ke-130. Filipina turun dua peringkat dan berada di posisi ke-140, diikuti Indonesia yang turun satu peringkat dan menempati posisi ke-146. Sedangkan Singapura menempati posisi ke-156, Myanmar di posisi ke-162, Kamboja di posisi ke-179, Laos di posisi ke-189, Brunei Darussalam di posisi ke-194, dan Timor Leste di posisi ke-200.

Di sisi lain, penurunan posisi juga dirasakan oleh Filipina di grup sama dengan Indonesia. Mereka turun dua strip di peringkat FIFA menjadi 140. Pasukan The Azkals juga mengalami kekalahan dari Vietnam dengan skor 2-0.

Menariknya, hasil ini menjadi sebuah pembuktian bahwa terdapat bersaing ketat di antara tim sepak bola Asia Tenggara dalam meraih posisi di peringkat FIFA. Namun, bergabungnya Malaysia di posisi top 130 menunjukkan sebuah pencapaian luar biasa, sekaligus mencatat peringkat terbaik dalam 17 tahun terakhir.

Ada beberapa unsur yang dapat dijadikan evaluasi terhadap penurunan peringkat FIFA tim nasional Indonesia. Namun, ceritanya lebih dari sekadar peringkat FIFA. Seperti halnya dalam bisnis, pertandingan sepak bola selalu berkaitan dengan dampak sosial, budaya, dan politik.

Di saat pentas sepak bola menjadi semacam ritual publik untuk mengeluarkan ketegangan, mendapatkan hiburan, dan mengedepankan persaingan, ternyata hal tersebut masih menimbulkan berbagai kontroversi. Bahkan setiap kali penurunan peringkat terjadi, seperti saat ini, diskursus negatif dan kekecewaan amatlah mudah terjadi.

Mungkin ketidakpuasan fans tersebut harus dikendalikan dengan meningkatkan keterbukaan dan dialog untuk mengatasi berbagai masalah di tengah-tengah persaingan sepak bola, baik dilakukan pada tingkat nasional maupun internasional.

Pemandangan sepak bola di seluruh dunia sangat berubah, terutama dengan pandemi virus corona yang masih berlangsung. Namun, persaingan tingkat dunia tetap memiliki daya tarik pemirsa yang tinggi serta pengaruh yang besar di dalam masyarakat.

Dunia sepak bola adalah multidimensi yang melibatkan banyak sekali faktor sosial, politik, dan ekonomi. Posisi yang diduduki tim nasional di dalam peringkat FIFA hanya menyajikan gambaran terbatas dari ekspresi ini. Namun, merupakan gambaran yang tetap penting bagi para fans dan penggemar sepak bola di seluruh dunia karena mewakili penghargaan atas kemampuan dan prestasi dari kesebelasan negara mereka.

Di sisi lain, ada banyak pelajaran dan pengalaman yang dapat diambil dari turunnya peringkat FIFA tim nasional Indonesia ini. Keberhasilan Malaysia mencapai posisi terbaik dalam 17 tahun terakhir dapat dijadikan sebuah acuan bahwa semangat persaingan di dalam dunia sepak bola belum mati, setiap tim selalu dapat bangkit kembali dari kekalahan dan tantangan yang dihadapi.

Untuk mencapai kembali posisi teratas, timnas Indonesia harus mengambil pelajaran dari kekalahan pada pertandingan-perandingan sebelumnya dan mempersiapkan diri dengan baik pada pertandingan berikutnya. Namun, di atas segalanya, persatuan dan integritas antar pemain dan para penggawa tim nasional harus tetap dijaga agar dapat mengemban harapan fans di seluruh Indonesia.

Posting Komentar untuk "Posisi Timnas Indonesia di Peringkat FIFA Terbaru Turun Setelah Kegagalan Meraih Kemenangan"